Senin, 13 Februari 2012

TUGAS KK4

2. Permasalahan dan perbaikan masalah tentang Software.

pada PC atau Laptop. (utk siswa absen genap).




Bad DirectSound driver. Error code 88780078 Pada Winamp.
Ini merupakan pengalaman saya saat memperbaiki laptop temen saya mengenai a keluarnya suara pada saat ingin mendengarkan music lewat winamp, tapi pada saat ditekan tombol Play, muncul pesan kira-kira seperti ini “Bad DirectSound Driver. Please install proper drivers or select another devicein configuration. Error code: 88780078″. Kalau dilihat dari Teks errornya udah jelas kalau yang bemasalah adalah Output Audionya. Pertama kali yang terpikir dibenak saya adalah ada kemungkinan terjadi kerusakan padasoundnya atau Drivernya yang rusak.
Winamp
Bad DirectSound driver. Error code 88780078.
Alih-alih saya langsung mencari driver aslinya, kemudian saya install. Kelihatan hasil yang baik, yakni suara bisa terdengar. Tetapi selang beberapa hari muncul kembali pesan seperti diatas tadi. Sayapun jadi bingung, kenapa ? padahal sudah diinstall dengan driver bawaannya. Atau mugnkin drivernya uda kadaluarsa ?
Kemudian yang menjadi pikiran saya lagi adalah :
  1. Drivernya rusak karena terserang virus
  2. Yang menggunakam gak begitu paham sehingga driver soundnya ke Uninstall
  3. Soundnya emang bener – bener udah rusak.
Saya pun kemudian googling di internet mengenai pesan yang membuat jengkel. Tapi ternyata buanyak banget yang saya dapatkan terkait masalah winamp yang tidak bersuara. Terus saya masuk kedalam weblog yang membahas mengenai permasalahan tadi. Masahnya yakni ternyata Realtek HD Audio tidak dapat terinstall dengan baik. Alternatifnya ya harus download atau cari drivernya.
Tapi kalo gak beruntung dengan hasil instalasi atau downloadnya, apa boleh buat mungkin cara berikut bisa dicoba :
  • Buka Control Panel > Add New Hardware
  • Klik Next sampai muncul daftar peralatan yang akan diinstal > pilih yang paling bawah Add a new hardware device
  • Klik Next sampai ada pertanyan Install the hardware that > pilih manually select from list
  • Klik Next n pilih Sound, video and Game Controller
  • Pada tampilan daftar driver > pilih HaveDisk
  • Kemudian browse ke CD Acer dan arahkan ke folder WDM\HDA.inf
  • Pilih Realtek High Definition Audio
  • Next ampe instalasi selesai dan sebaiknya di restrat
Sampai disini saja instalasinya karena yang diinstal hanya driver utamanya yaitu Realtek HD Audio sedangkan yang lainnya tidak (mixer dan lainnya gak bisa nih…). Suara akan terdengar dari Laptop hanya jika kita menjalankan WinAmp dan Windows Media Player yang telah diubah konfigurasi output sound-nya.
Caranya :
  1. Pada winAmp :
  • Buka menu Option > Preferences
  • Pilih Plug-in > Output
  • Lihat kolom sebelah kanan pilih dan klik 2x Nullsoft directsound Output… (out_ds.dll)
  • Pada tab Device pilih Realtek HD Audio Output
  • Refresh > Apply
  • Restart winamp dan putar lagu…

0 komentar:

Posting Komentar